Kamis, 23 November 2017

Sambal Cakalang/Tongkol ala kum

Waktu itu ke pasar tradisional niat mau beli ikan cue...atau ada yg menyebut ikan kranjang.. apadaya udah abis..yg masih ada ikan tongkol yg dikranjangin juga.. jadinya belilah itu dan mari mulai... ini masakan sederhana sekali...jadi yukkk dicoba πŸ˜‰

Bahan :
5 kranjang ikan tongkol ( goreng matang..lalu suwir suwir sesuai selera)
Garam dan gula secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bahan yg dihaluskan :
1 buah tomat merah ukuran sedang
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih
25 cabe merah keriting
7 cabe rawit merah



Cara membuat :
Siapkan wajan isi minyak secukupnya...lalu tumis bumbu yg dihaluskan...stelah harum..bumbui dengan garam dan gula secukupnya..cicipi..masak hingga bumbu matang..kurang lebih 3-5 menit dengan api sedang.
Setelah bumbu matang..masukan ikan tonglol yg sudah di suwir suwir tadi...campur rata..masak sekitar 3-5 menit lagi... cicipi lagi..kalo sudah pas rasanya... matikan kompor..hidangkanlah... πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜‰



#masakanrumahan #ikancue #tongkol #dapur #masakan #resep #resepkeluarga

Kamis, 07 September 2017

Perkedel Jagung ala Kum πŸ˜‰

Lagi lagi karna binun ada jagung lama teronggok di kulkas.. mau bikin bakwan..bosen..jd browsing lah cari resep perkedel jagung..dapet di web resepjuna .. judulna perkedel jagung padang panjang... ada sedikiiittt bumbu yg aq tambah xixixi.. mari kita mulai...

Bahan :
3 buah jagung manis utuh.. sisir lalu lumat pake tangan.
5 sendok makan tepung beras
10 sendok makan tepung terigu
daun bawang n seledri secukupnya sesuai selera saja..iris tipis.
1 kaldu ayam bubuk bila suka
1 telur ayam atau bebek... diresep ini aku pakai telur bebek.

Bahan yg dihaluskan :
5 cabe rawit merah
8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 cm jahe
1 sendok teh (sdt) merica butir
garam dan gula secukupnya



Cara membuat :

Campur rata jagung dan bumbu halus...lalu masukan daun bawang n seledri...stelah rata.. masukan telur yg sudah dikocok lepas..
masukan tepung beras dan tepung terigu .. lalu aduk rata dng air secukupnya jng terlalu encer dan jng terlalu keras..sedikit2 saja kasih airnya sampai dirasa cukup. Lalu masukan kaldu ayam bubuk. Aduk rata...

Siapkan penggorengan dan panaskan minyak..lalu goreng bahan diatas hingga kuning kecoklatan... πŸ˜‰πŸ˜Š☺

Selamat mencoba... πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜Š



Selasa, 27 Juni 2017

Roti Bakar ala Kum

Ini kejadian karna ada pisang nganggur dirumah...ada roti tawar ada mentega dan ada keju melt...dan karna bosen pisang digoreng terus..heheheh....
oiyah ini resep untuk 2 orang saja...jd kalo ada banyak orang..dikaliin ajah yakkk.. πŸ˜‰monggo lah ini resep guampangg bangeett.. πŸ˜‰
oiyaaahh feel free untuk isi apapun ke dalem roti nya yaakk..bebasss..namanya jg eksperimen dan resep ini hanya ide saja.... yg penting enak ... πŸ˜‰πŸ˜‰πŸ˜„πŸ˜‰

Bahan :
6 lembar roti tawar (boleh lebih tergantung brapa orang dirumah)
2 buah pisang barangan (karna yg ada dirmh pisang ini..bisa diganti pisang  raja..pisang uli..pisang tanduk)
mentega secukupnya
Keju melt sesuai selera
gula pasir secukupnya



Mari kita mulai...
Olesi 2 roti dng mentega di 1 sisi.. taburi sedikit gula..lalu balik..olesi sisi satunya..lalu potong2 tipis pisang (miring2) tata di atas roti dng mentega td..lalu potong tipis keju melt susun diatas pisang..lalu tangkupkan 2 roti dng sisi yg ada gulanya td di luar yak.. trus panggang deh di wajan anti lengket dengan api kecil.. masak hingga kuning keemasan or kecoklatan dikit..lalu balik...hingga kedua sisi menjadi kuning kecoklatan....gula yg ditaburkan td menjadikan warna kuning kecoklatan yg keren..menurutku sih...heheheh πŸ˜‰

Ok ... selamat mencobaaa πŸ˜‰