Minggu, 14 Juni 2015

Stup Makaroni

Bisa dibilang ini masakan special keluarga saya sejak saya kecil dulu, Ibu saya sering banget bikin hidangan ini di acara-acara special keluarga, dan yang pasti bikinan ibu lebih enak dari bikinan saya...heheheh... ;)

Bahan : 
2 dada ayam dengan tulang atau tanpa tulang menurut selera :) - rebus hingga empuk, sisihkan jangan buang air rebusannya... :) ayam dipotong kotak kotak kecil. 
1/4kg bawang merah iris bagi 4 bagian 
500gr makaroni bentuk elbow, atau menurut selera-rebus sesuai petunjuk kemasan, tiriskan. 
500ml susu cair kemasan UHT plain 
2 butir telur kocok lepas 
50gr Margarine 
garam secukupnya 
merica secukupnya 
pala secukupnya 
kaldu block ayam secukupnya 





Cara membuat : 
Panaskan margarin, tumis bawang merah hingga layu, lalu masukan potongan ayam aduk-aduk hingga rata,sisihkan. 
didihkan kembali air rebusan ayam tadi, setelah mendidih masukkan tumisan bawang merah dan ayam tadi, aduk aduk hingga mendidih..
setelah mendidih masukkan susu sambil terus di aduk aduk hingga mendidih kembali. bumbui garam,merica,pala dan kaldu block ayam. cicipi... 
Lalu masukkan makaroni aduk aduk hingga rata dan mendidih, setelah itu masukkan kocokan telur sambil terus diaduk aduk. setelah merata dan mendidih .... matikan kompor dan siap dihidangkan.. :) 

Note: - dalam merebus ayam, agar menghasilkan kaldu yg bersih, setelah mendidih pertama biasanya akan muncul buih2 putih di permukaan air rebusan, buanglah buih2 itu dng menggunakan sendok hingga buih tidak muncul kembali... :) - hidangkan selagi hangat bila suka beri parutan keju dan saos sambal... :) - oiya...ini porsi untuk sekitar 10-15orang tergantung kemampuan yg makan ya...heheheheh bisa juga hanya cukup untuk 5-7 orang...xixixi... :D - jadi kalo pingin bikin sedikit dulu.. tinggal dikurang kurangi ajah bahan2 nya,.... okeyyy... selamat mencoba..;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar