Selasa, 14 Juni 2011

Sayap ayam masak cola (chicken wings with cola) . . :)

Resep ini saya dapat waktu bingung mau di masak apa sayap ayam yang ada di freezer selain di buat sup...browsing-browsing dapetlah resep dari blog dapurnya mbak Vita. 
ada sedikit yg beda...saya pakai semua sayap, saya potong jadi 3 bagian setiap sayap. kalo di resep mbak vita hanya di pake bagian drumstick nya saja.
than bawang putih dan jahe tidak saya parut...tapi saya haluskan pake uleg an..dan ayam saya panggang di teflon...karena malas bongkar oven di atas lemari.... :D

o iya...jika tidak suka coca cola.. boleh di ganti air dengan jumlah yg sama.... :)

Bahan : 
10 potong sayap ayam 
air jeruk nipis
3 siung bawang putih
2 cm jahe
1/2 sdm minyak wijen 
2 sdm kecap asin 
1 sdm kecap manis 
2 sdm saus tiram 
2 sdm madu 
3 sdm saus tomat 
garam secukupnya
merica secukupnya
200 ml coca cola

Cara Membuat :

Cuci sayap ayam, lumuri dengan air jeruk nipis, bilas kembali.
siapkan wajan..panaskan lalu masukkan ayam ke wajan (tanpa minyak) aduk2 sampai ayam berubah warna...kecilkan api... masukkan uleg an bawang putih dan jahe, aduk2 sampai rata lalu masukkan berturut-turut minyak wijen, kecap asin, kecap manis, saus tiram, madu, saus tomat, garam, merica, dan cocal cola , aduk2 hingga rata lalu masak dengan api kecil sampai bumbu meresap dan airnya habis sambil sesekali diaduk.


panggang diatas teflon sebentar... :)


Rasanya mantabs banged...caramel dari madu bercampur dng cola dan saus2 lainnya... hhhhmmmmmm...... :P~

Terima kasih resepnya mbak Vita.... :)


Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar